Macam - Macam Teknik Fotografi Menakjubkan dan Wajib Anda Ketahui

Macam - Macam Teknik Fotografi Menakjubkan dan Wajib Anda Ketahui

Macam - Macam Teknik Fotografi Menakjubkan dan Wajib Anda Ketahui

teknik fotografer
Sebagai seorang fotografer mahir maupun baru pemula, anda wajib mengetahui macam teknik fotografi ini agar kamu bisa menemukan beberapa teknik basic dan classic supaya anda mengeluarkan ide sekaligus bakat kebiasaan kreatifitas mengenai macam - macam teknik fotografi.

Ada beberapa jenis hal yang bikin kamu puas dari pada menguasai suatu teknik pemotretan baru. Menekuni jenis fotografi akan membantu anda dalam menggali potensi inpirasi tanpa batas, bahkan dapat membantu mengeluarkan bakat terpendam dalam seni fotografi.

Banyak sekali jenis fotografi yang wajib anda ketahui dan anda terapkan dalam sesi pemotretan. Mulai dari shot biasa sampai ke shot menampilkan bagian - bagian terkecil serta kerumitan dalam mengambil sebuah adegan foto (camera angle).

Beberapa adegan ini disebut dengan karumitan dalam seni fotografi karena mengambil moment dalam adegan adalah salah satu unsur dasar fotografi. Teknik apa sih yang sering dipakai?

Menurut saya, teknik panning, bulb serta astrophotography lah yang menjadi daya dari saya dalam seni ini. Ketiga bagian inilah yang menjadikan jiwa saya menjadi jiwa fotografi walaupun saya terkendala dengan alat namun tetap saja saya akan mempelajari suatu teknik fotografi.

Mampukan menemukan beberapa tehnik baru yang mungkin belum anda tau dalam kemampuan kamera milik anda? Akan saya susunkan mengenai daftar beberapa trik dan tips fotografi baru yang menurut saya bagus untuk kita pelajari serta beberapa favorit agar mencoba dan benar - benar belum anda kuasai sebelumnya.

Macam Tehnik Fotografi Yang Belum Anda Kuasai.

Jenis tehnik ini merupakan sebuah tehnik dasar semata. Sebagian besar dari kalian yang membuka artikel ini pastinya sudah mengetahui mengenai teknik dasar fotografi bukan?. Nah maka dari itu ada beberapa teknik pengambilan gambar dalam seni fotografi ini dan ini belum tentu anda bisa melakukannya.

Fotografi Berkecepatan Tinggi

high speed photgraphy

Salah satu tehnik ini yang membuat hasil jepretan kalian terlihat menarik adalah teknik ini sama halnya seperti pembekuan suatu objek foto. Misal anda kepingin memotret sebuah objek kemerciknya air yang jatuh dari kran, nah anda harus mengatur sedemikian rupa shutter speed nya agar dapat mengabadikan momen ini lebih menakjubkan.

Pengambilann di Malam Hari.

jepret foto di malam hari

Kesenangan seorang fotografer akan dimulai ketika matahari terbenam. Disitu ada banyak kehidupan yang bisa di bidik dan di ambil gambar gelapnya malam. Tehnik ini perlu dilakukan setting manual menganai diafragma, ISO sama shutter speed.

Ketika ingin mengambil foto dimalam hari maka anda harus menyediakan tripod untuk menstabilkan keseimbangan kamera dan kecepatan rana super lambat agar cahaya yang masuk semakin banyak dan menghasilkan foto yang menakjubkan.

Baca Juga : Materi Dasar Mengenai Photography Kamera DLSR dan HP

Motion Blur atau Panning.

motion blur

Motion blur atau sering disebut dengan tehnik panning ini merupakan seni menangkap objek yang bergerak. Misal anda kepingin memotret seorang pembalap sepeda, disini anda harus mengatur komponen iso, difragma dan ss.

Untuk pengambilan gambar ini anda harus memperlambat kecepatan rana dan pegang kamera saat objek bidikan anda bergerak (ikuti arah gerak suatu objek). Hal ini akan membuat lensa terfokus pada objek bergerak sedangkan bagian belakang atau background menjadi buram (tampar kabur).

Tehnik Fokus Ke Objek Kecil (Macro).

technic macro

Fotografi makro ini sangat unik, mengapa? karena dalam proses pembuatan gambar anda harus ekstra sabar dalam menangkap adegan objek kecil atau biasa disebut dengan tehnik pengambiilan gambar secara detail. Kalian dapat memotret foto makro ini menggunakan kamera apasaja asalahkan kamera yang anda pakai memiliki kemampuan untuk fokus terhadap objek.

Tehnik Pencahayaan Panjang (Long Light).

pencahayaan panjang

Longlight ini dapat digunakan untuk mencapai semua hasil bidikan menggunakan objek air, awan maupun objek lainnya yang sekiranya bergeran. Teknik fotografi ini sering digunakan dalam pengambilan landscape dan hasil dari pengambilan gambar ini adalah seperti kapas lembut dan seperti goresan awan yang diusap menggunakan tangan.

light paintingLight Painting (Lukisan Cahaya).

Berupa jalur lampu yang diciptakan hanya dengan menggunakan sebuah alat memancarkan cahaya. Teknik ini menggunakan shutter speed lambar karena kamera akan merekam sebuah gerakan cahaya agar bisa menghasilkan light painting ini.Pengambilan ini lebih baik dilakukan di area minim cahaya dengan bukaan lensa sedang ataupun cepat. Perhatikan gambar disamping, gambar ini menunjukan secara menyeluruh bahwa ini merupakan tehnik long light

Tehnik Siluet.

siluet technic

Siluet atau membelakangi cahaya merupakan suatu tehnik yang biasa diterapkan dalam mengabadikan sunset. SIluet akan menghasilkan foto yang lebih dramatis. Untuk teknik pengambilan gambarnya bisa menggunakan kecepatan rana cepat agar mendapatkan exposure lebih gelap dan objek pun hanya terlihat bayangan hitam saja.

Tehnik Bokeh.

trend foto bokeh

Bokeh adalah suatu teknik fotografi yang menghasilkan jepretan epic, background akan terlihat lebih blur dan ada suatu objek yang terfokuskan. Jadi teknik bokeh ini menjadi trending topik disemua kalangan fotografi sebab teknik ini menggunakan kefokusan akurat agar mendapatkan foto blur (bokeh).

Penutup.

Salah satu hal yang terhebat adalah menguasai kiat dan teknik fotografi berbeda. Terlebih lagi jika anda menguasai teknik - teknik baru dalam pandangan berbeda dari fotografer profesional. Dengan menggunakan teknik yang sudah saya sampaikan di atas saya yakin bahwa anda pasti bisa melakukan dan dapat lebih bisa menyempurnakan tehnik - tehnik tersebut karena diri anda sudah memiliki jiwa kreatif dalam segi pengambilan suatu gambar hanya dengan menggunakan teknik dasar fotografi.
Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar