Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Di Buka, Error dan Berfungsi Di Android

Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Di Buka, Error dan Berfungsi Di Android

Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Di Buka, Error dan Berfungsi Di Android

mengatasi google chrome tidak berfungsi dan tidak merespon

Kenapa google chrome tidak bisa dibuka dan tidak berfungsi merespon kegiatan kita? - Aplikasi google chrome memang sudah tidak asing lagi bagi pengguna android karena chrome browser ini sudah aplikasi bawaan android yang sudah terpantau dan dikendalikan oleh tim google sendiri jadi dapat terbilang nyaman dan aman sebab ketika buka google chrome anda akan terintegrasi melalui akun google.

Browser google chrome sudah terpasang disemua perangkat lunak android diantaranya samsung galaxy, oppo, lenovo, asus zenfone, redmi/ xiaomi, htc, lg, motorola, smartfren/ andromax, sony experia, vivo, meizu, advan, acer, huawei, oneplus, zte, axio, infinix hot serta berbagai tipe android lainnya. Kalian sudah tau bahwa google chrome sudah bawaan pabrik android karena mereka telah memasang aplikasi ini untuk bawaan browser android.

Namun patut disayangkan, bahwa semakin banyak dan tinggi user android yang sering menggunakan browser chrome untuk melakukan penjelajahan tentunya masih ada beberapa pengguna yang merasa bahwa lama kelamaan google chrome mengalami masalah tidak berfungsi, tidak merespon serta tidak dapat dibuka.

Baca juga : Cara Menghapus Akun Google Yang Dicekal Administrator

Bagi pengguna android versi lama pasti tidak akan asing dengan namanya force close dan biasanya force close tersebut disebabkan oleh penyimpanan internal android penuh. Bener bukan? seperti yang sudah saya bilang google chrome tidak merespon ketika RAM dan memori pada penuh serta akibatnya akan timbul notif "sayangnya google chrome telah berhenti" atau dalam bahasa inggris nya "unfortunately google chrome has stopped" biasanya sering disebut dengan force close (tutup paksa).

Tahapan Memperbaiki Google Chrome Tidak Dapat Dibuka


Penyebab dari kegagalan respon aplikasi biasanya karena kepenuhan dalam memproses semua data yang ditimbulkan dari browser bawaan tersebut. Aplikasi browser ini sering memakan banyak ruang (space) untuk mengelola banyaknya history dan cache data karena terlalu sering membuka tab - tab baru. Untuk memperbaiki hal ini ada beberapa metode serta langkah yang harus anda perhatikan. Berikut tahapan cara mengatasi google chrome tidak bisa dibuka dan tidak berfungsi (error).

1. Clear Junk Menggunakan Aplikasi Pembersih Sampah

Tahapan pertama yaitu anda bisa membersihkan semua sampah yang ada di penyimpanan android. Cara ini merupakan cara paling jitu dalam menangani kasus google chrome tidak bisa dibuka. Saya sarankan dalam pembersihan sampah ini menggunakan aplikasi bawaan agar anda tidak peru instal lagi aplikasi pihak ketiga.

Selain dengan menggunakan aplikasi anda bisa memberihkan sampah dengan cara manual method, simak baik baik.Pertama anda perlu masuk ke pengaturan -> aplikasi terinstal -> pilih google chrome -> clear cache. sampai sini masih saja browser chrome tidak berfungsi? masih error?

Baca Juga : Cara Stabilkan Koneksi Internet Waktu Nge-Game Online

2. Bersihkan Riwayat Penelusuran Web

Tidak ada salahnya jika anda melakukan percobaan demi aplikasi browser kamu pulih lagi. Jika kalian searching menggunakan google chrome maka akan terjadi yang namanya penyimpanan history pencarian web bukan?

Oleh karena itu anda harus memberisihkannya dengan cara masuk ke browser -> tap kanan -> riwayat -> hapus data penjelajah serta untuk menghapusnya tinggal tap hapus data. Jika anda tidak mau repot dengan metode ini, silakan gunakan mode penyamaran agar history penelusuran kamu tidak membebani kinerja google chrome.

3. Update Google Chrome Ke Versi Terbaru.

Dengan adanya fitur baru yang tersedia di pembaruan akhir ini biasanya tim google akan memberikan perbaikan semaksimal mungkin untuk penggunanya agar tidak mendapati masalah mengenai tidak bisa membuka google chrome. Untuk melakukam hal ini ada 2 langkah.

Langkah pertama yaitu melakukan updating melalui google playstore dengan cara memasukan kata kunci google chrome maka akan muncul di bagian paling atas. Langkah kedua yaitu melakukan pembaruan melalui web - web penyedia software mirip google playstore.

Baca juga : Memperbaiki Google Penelurusan Terhenti Dengan Tiba - Tiba

4. Hapus Data dan Tutup Paksa 

Jika metode diatas belum berhasil anda patut mencoba hal ini, yaitu hapus data dan tutup paksa. Dengan cara ini saya yakin masalah error segala macem bisa diperbaiki dengan mudah.

Cara hapus data ialah melalui menu setting -> aplikasi terinstal -> google chrome -> hapus data, begitu pula cara menutup paksa aplikai hanya saja anda tidak pilih opsi hapus data melainkan tutup paksa (force close).

Penutup.

Apakah masalah error dan tidak bisa dibuka sudah terobati? Saya harap masalah anda sudah teratasi dengan membaca ulasan mengenai Cara Memperbaiki Browser Google Chrome Tidak Bisa Di Buka, Error dan Berfungsi. Terima kasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca tips dari kami, selamat mencoba!!

Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar