Bisakah Page One Tanpa Membangun Backlinks?

Bisakah Page One Tanpa Membangun Backlinks?

Bisakah Page One Tanpa Membangun Backlinks?

peringkat terbaik google
Artikel blog kita bisa bisa nangkring di page one Google SERP tanpa dengan membangun satupun backlinks. Caranya bagaimana? Hanya dengan modal artikel berkualitas dan penerapan on-page SEO.

Beberapa waktu lalu saya mengerjakan SEO sebuah situs penyewaan mobil skala nasional. Situs itu mempunyai konten yang bagus dan optimasi on-page SEO yang bagus juga.

Yang menarik bagi saya, banyak keywords-nya yang menempati halaman pertama SERP. Ketika saya cek, halaman yang keywords-nya page one itu ternyata tidak mempunyai backlinks.

Ini salah satu contohnya (saya cek menggunakan Ahrefs):

tanpa backlink bisa pageone

Itu baru satu halaman, belum halaman-halaman yang lain. Lumayan keren kan? Jika tingkat konversi adalah terjadi penjualan (penyewaan mobil) sebanyak 5x dari setiap 100 visitor, itu cukup bagus.


Saya sudah menduga apa sebabnya keywords itu bisa page one. Benar saja ketika saya telusuri, keywords yang page one itu mempunyai tingkat kompetisi yang rendah atau sangat rendah. Maka tidak heran jika gampang sekali page one hanya dengan mengandalkan konten dan optimasi on-page.

Selanjutnya, temuan saya itu diperkuat oleh temuan saya yang lain.

Jika Tingkat Kompetisi Tinggi, Backlinks Sangat Diperlukan

Sementara itu ada satu halaman yang rangking keywords-nya rendah sekali.  Lebih dari 130 posisi rangkingnya. Padahal kualitas konten dan on-page halaman itu lebih bagus disbanding halaman-halaman yang keywords-nya sudah page one.
Setelah saya cek ternyata keywords yang ditargetkan tingkat kompetisinya tinggi.

posisi terbaik search engine google

Adalah tugas saya untuk mendongkrak keywords tersebut hingga menempati halaman pertama Google SERP.

Mula-mula saya pastikan bawah kualitas konten dan on-page SEO tidak kalah dengan kompetitornya yang sudah lebih dulu nangkring di page one. Lalu perlahan saya bangun backlinks untuk halaman itu, sambil membangun backlinks untuk halaman lainnya. Total saya berhasil membangun sekitar 18 backlinks.

Hasilnya…rangking menanjak ke posisi 17.

backlink perlu jika kompetitor tinggi

Memang butuh lebih banyak lagi backlinks untuk mendongkrak rangking hingga ke page one. Karena tingkat kompetisinya memang tinggi. Kompetitornya pun tidak diam saja, mereka juga menerapkan SEO.

Kesimpulan
Pada contoh di atas kita bisa melihat bahwa backlinks sangat berpengaruh pada rangking. Backlinks memang menjadi salah satu Google ranking factor yang terpenting. Untuk keywords dengan tingkat kompetisi tinggi, link building wajib dilakukan.
Untuk keywords dengan tingkat kompetisi rendah, kita bisa saja page one tanpa backlinks. Tapi hati-hati, posisi kita rawan sekali. Jika ada kompetitor yang mempunyai konten dan on-page berkualitas sebagus punya kita, rangking kita akan disalip jika dia mulai membangun backlinks.

Saran saya, mulailah membangun backlinks untuk halaman-halaman yang menargetkan keywords berkompetisi tinggi. Teknik link building banyak sekali ilmunya di internet, diantaranya pada kursus SEO gratis yang saya buat, silakan cek disini.

Kamu nanti akan melihat, Insya Allah, rangking keywords-mu naik, apalagi yang long tail keywords dengan kompetisi rendah. Backlinks juga meningkatkan authority blog-mu, dan jika authority sudah tinggi kamu bisa menulis artikel baru dan keywords-nya dengan gampang bisa page one tanpa backlinks.

Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar