10 Tips Membuat Artikel Sederhana, Menarik Untuk Dibaca Dan Yang Baik Untuk Blog

10 Tips Membuat Artikel Sederhana, Menarik Untuk Dibaca Dan Yang Baik Untuk Blog

cara menulis artikel menarik agar banyak pengunjung

Mengapa harus menulis artikel di blog dengan baik dan mudah untuk dibaca? Inilah yang membuat saya menjadi termotivasi oleh beberapa pakar blogging yang telah memberikan saya banyak tips untuk masalah menyusun sebuah artikel yang menarik.

Sudah banyak yang membuat artikel mengenai pembuatan isi konten yang manarik untuk dibaca dan baik untuk blog. Maka dari itu Mogloger tidak mau kalah dong dengan argumennya. Pastinya saya akan membawakan beberapa macam tips agar anda bisa menulis artikel dengan baik dan akan mendapatkan pengunjung yang tetap.

Artikel itu tidak semata-mata hanya sebuah tulisan, namun sebuah gagasan yang ingin kita berikan kepada khalayak untuk memberikan sebuah informasi tertentu misal, teknologi, blogging, karya ilmiah dan tugas sekolah/ kuliah. Lanjut ke pembahasan berikut nya dalam tips menulis buat blogger.

Bagaimana sih cara agar bisa menarik daya pikat pengunjung dengan kita hanya menuliskan sesuatu di blog? Cara menulis blog yang menarik pengunjung namun disisi lain kita juga memikirkan bagaimana sih agar google menyukai artikel kita? Bagaimana sih agar google menjadikan tulisan kita nangkring di page one?.

Dan menariknya, ada beberapa kendala ketika ingin menulis artikel di website. Apa saja ? berikut saya jabarkan menganai hal tersebut :


  1. Fokus pada kata kunci tertentu.
  2. Mengulang – ulang keyword.
  3. Salah menargetkan user.
  4. Daya ingat yang lemah.
  5. Pemikiran masih dangkal.
  6. Kurang pemahaman mengenai aturan penulisan.
  7. Menulis untuk robot bukan untuk google.
  8. Pikiran kalang kabut.
  9. Belum memiliki pengalaman dan sumber referensi artikel.
  10. Selalu mengeluh dalam pembuatan konten.
  11. Terbatasnya alat untuk melakukan blogging.
  12. Lupa tanda baca koma dan titik.


Membuat artikel sama halnya dengan kita membuat cerita pendek ketika di bangku sekolah. Betapa sulitnya menyusun susunan kata demi kata untuk dijadikan satu rangkuman yang relavan. Bikinlah sebuah konten itu secara sederhana dan tidak mengulangi kata yang sama.

Baca juga : Memaksimalkan hashtag untuk bisnis online si instagram

Kurangnya pemahaman menganai sebuah tulisan yang ingin kita informasikan kepada khalayak atau semua orang. Oleh karena itu anda diwajibkan untuk saling bertoleransi, memiliki sifat sosial dan melakukan eksperimen dan percobaan untuk memperbanyak pengalaman agar anda bisa menulis dengan apa yang sedang anda alami saat ini bukan merewrite tanpa memikirkan orang lain.

Kenapa saya bilang begitu? Rewrite sama halnya dengan menulis ulang sebuah artikel yang isinya hampir sama dengan pengalaman korban rewrite. Maka dari itu berpandai-pandailah dalam melakukan rewriting ini, jangan samapai malah meniru gaya bahasa meraka, jangan menggunakan tutur kata yang sama persis dengan mereka. Jadilah diri sendiri agar kita bisa membangun sebuah blog untuk meningkatkan daya saing kita di peringkat teratas google.

Tips agar artikel banyak yang baca dan menarik pengunjung.

Sususan artikel sederhana tuh bagaimana? Sususan artikel yang baik adalah melihat bagan konten tersebut apakah ada tag bold, italic, underline, heading 1, 2 dan 3. Itu dikhususkan untuk beberapa laporan, namun di blog kita juga bisa memnggunakan sususan tersebut tetapi harus tau aturan mainnya. Berikut tips untuk anda yang ingin melakukan pembuatan artikel di blogger.

1. Menulis dengan apa yang anda pikirkan.

Tuliskan pemahaman anda di dalam karya blogger agar website yang anda kelola menjadi berkembang bahkan bisa mendapatkan income yang begitu besar jika tau cara bersaing di dala dunia blogging.

Membuat konten dengan apa yang sedang ada di pikiran kita, bukan hanya sekedar nulis semata namun dibarengi dengan kelengkapan sebuah kalimat yang di dalamnya terkandung kata-kata yang meyakinkan user agar mereka akan betah berlama-lama di website anda.

2. Gunakan majemuk beringkat.

Apa sih majemuk bertingkat itu? Majemuk bertingkat adalah sebuah penggabungan dua kata atau lebih yang didalamnya terkandung unsur induk kalimat dan anak kalimat. Keduanya memiliki arti penting di dalam penulisan sebuah konten. Itu bagaimana ya? Saya kurang paham...

Misal seperti ini “ Agar menjadi orang sukses, kita harus rajin belajar. “ Di kalimat yang saya beri tanda petik ini terdapat induk kalimat dan anak kalimat. Dibagian mana saja?.

contoh artikel yang diminati orang


Lihat gambar diatas, yang saya beri tanda warna merah adalah induk kalimat dan yang warna biru adalah anak kalimat. Jika kalimat tersebut terdapat koma, maka anda harus menyusulnya dengan penjelasannya atau lengkapilah sebuah induk kalimat agar menjadi sebuah kalimat yang rinci.

Tidak hanya menggunakan koma saja, kalimat majemuk juga tidak harus menggunakan koma contoh, “ Rizky tetap tegar walaupun hidupnya mengalami kesulitan “. Apakah anda paham? Mudah kok cara membedakannya dengan cara melihat kata “walaupun”, kata itu adalah kalimat majemuk atau kata hubung.

Baca juga  : Penempatan posisi iklan adsense yang strategis

3. Menggunakan kata hubung yang benar.

Kata hubung memang tidak semuanya menggunakannya. Namun apa salahnya jika kita menggunakannya dalam menulis sebuah artikel sederhana untuk kita publikasikan kepada semua orang.

Lalu apa saja kata hubung itu? Contoh kata hubung : yang, walaupun, tatapi, namun, karena, sebab, maka, oleh karena itu dan lain sebagaiya. Kata tersebut bisa anda gunakan dalam penulisan di blog, namun anda harus pintar pintar menyusun sebuah kalimat dengan baik.

4. Mencari sumber bacaan.

Carilah ilmu sebanyak – banyak nya sampai ke negeri cina, itulah pepatan yang harus anda pegang untuk meraih ilmu agar bisa melakukan aktivitas dengan baik dan benar. Maka dari itu anda harus sering melakukan aktivitas untuk mencari sebuah artikel referensi.

Baca juga : Kesalahan blogging yang wajib anda ketahui

Cari sumber bacaan tidak hanya satu buah saja melainkan berbagai macam sumber. Tetapi jangan saja untuk menjadikan artikel orang lain sumber, kenapa? Belum tentu artikel tersebut menjelaskan sesuai faktanya, jadi anda harus bisa meriset sendiri kata demi  kata untuk dijadikan sebuah tulisan sesuai kebenarannya, this article is real.

5. Lupakan menulis untuk robot.

Kenapa? Sekarang algoritma google tidak sama dengan 3 tahun yang lalu. Sekarang google lebih mementingkan kualitas konten relavan, bukan kebanyakan kata kunci yang terulang-ulang. Tidak ada salah nya jika kita membumbui konten kita dengan sedikit sentuhan SEO yang dimana harus ada keyword tujuan.

Dan semua itu harus anda riset terlebih dahulu menggunakan google keyword planner atau hanya denga menggunakan google autocomplete dan google suggest. Dengan kedua cara tersebut anda harus merangkainya menjadi kata-kata yang enak dibaca, jangan terlalu sering menyebutkan kata yang sama.

Lalu penyebutan katanya harus berapa kali? Jika itu kalimat panjang anda hanya diperbolehkan untuk menyebutkan 2 sampai 3 kali, lebih dari itu nanti malah isi konten anda menjadi tidak relavan lagi.

Dan saya akan perjelas lagi, menggunakan short keyword dan maksimum penyebutannya. Menyebutkan kata kunci yang pendek bisa dilakukan semaksimal mungkin namun tetap harus tertarget dengan keyword utama kita.

6. Fokus dalam pengerjaan.

Di dalam menulis pasti akan ada halanganya, entah itu males, lapar, mikirin cewek, sudah jomblo terlalu lama dan lain sebagainya. Disitulah anda harus memikirkan sebuah gagasan yang ingin anda ketikkan di blog.

Tetap fokus pada gaya tulisan anda, jangan sampai masalah yang sedang anda hadapi malah dicurahkan ke isi artikel. Oke boleh aja anda mencurahkan isi hati namun anda harus bikin konten yang isinya tentang my diary.

7. Tuliskan apa yang ingin disampaikan.

Ketikkan sebuah konten yang ingin anda sampaikan kepada orang banyak, bukan menyampaikan sesuai apa yang anda mau. Ingat!!! Utamakan kenyamanan pengunjung saat membaca artikel kita, bukan hanya memfokuskan konten ke halaman pertama google.

Membuat artikel tidak hanya menuliskan apa yang google mau, tapi apa yang orang (real human) inginkan. Jadi anda harus memikirkan kata kunci untuk menargetkan pengguna kita disaat mereka sedang melakukan penjelajahan dan ingin menggali sebuah informasi.

Siapa tau artikel anda yang tidak page one namun masih bisa bersaing di halaman kedua dan ada yang mengunjunginya. Disitulah hati anda pasti mengalami kebahagiaan. Jadi anda harus senantiasa menuliskan dengan gaya bahasa mu sendiri, jangan meniru apa yang mereka perbuat.

8. Tuliskan judul yang relavan.

Sekarang kita lirik pada bagian penulisan judul, disitulah kunci utama keberhasilan untuk mendongkrak artikel kita masuk ke posisi terbaik yaitu pageone. Buatlah sebuah judul yang isinya mengandung semua isi konten.

Contohnya seperti ini : “ pengertian, fungsi, dan manfaat blogger “, jadi apa yang anda ketikan di judul harus ada dibagian artikelnya karena artikel adalah pilar dari sebuah judul. Gunakanlah penjabaran yang rinci dan rinci itu tidak harus panjang lebar namun rinci itu adalah suatu kalimat yang menjelaskan sebuah pemahaman yang singkat tapi jelas.

Baca juga : Syarat agar mudah diterima google adsense

Jadi anda tidak harus bikin artikel panjang lebar hanya untuk mendongkrak posisi ke pageone. Dan anda juga harus memikirkan SEO, karena SEO itu tidak hanya menggunakan keyword doang melainkan meletakkan keyword di bagian terpenting.

9. Posisi keyword terbaik.

Memposisikan kata kunci di tempat yang pas itu akan berdampak positif bagi kesehatan dan kualitas konten kita dimata google. Apa sih maunya google itu? Manjakanlah google dengan cara menebar banyak kata kunci di setiap paragraf awal dan akhir di sebuah artikel anda.

Dimana saja sih penempatan kata kunci yang tepat? Posisikan keyword di 3 paragraf awal, judul, deskripsi penelurusan, permalink, dan akhir paragraf. Posisi itulah yang menjadikan faktor pageone.

10. Perbanyak komunikasi dengan orang lain.

Sekarang jamannya modernisasi yang dimana banyak media sosial dari luar negeri muncul di indonesia. Maka dari itu anda harus memnafaatkan dengan cara berkomunikasi lewat media sosial agar kita mendapatkan banyak pengalaman.

Anda bisa menggunakan jejaring sosial seperti instagram, facebook, whatsapp, telegram, line, bbm dan lain sebagainya. Perlu anda ketahui, jangan terlalu sering memberikan komentar dan kritikan terhadap orang lain, ingat pepetah “ mulutmu harimaumu “. Jadi bijaklah dalam menanggapi persoalan yang ada.

Penutup.

Itu saja yang bisa saya sampaikan kali ini menganai tips menulis artikel secara sederhana versi mogloger. Jika kurang jelas silakan berkomentar agar saya berikan contoh lagi supaya anda bisa belajar bareng dengan sesama newbie seperti saya ini. Itulah tips membuat artikel menarik untuk dibaca.

Your Might Also Like:
Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar