Android tiba-tiba restart dan mati sendiri? Berikut cara mengatasi

Android tiba-tiba restart dan mati sendiri? Berikut cara mengatasi

mengatasi smartphone tiba-tiba restart secara terus menerus

Menjumpai android tiba tiba restart sendiri walaupun masih dalam keadaan baterai yang penuh, ketika charger di cabut malah mati sendiri. Postingan kali ini akan membahas mengenai cara untuk mengatasi ponsel yang tiba-tiba mati dan restart dalam jangka waktu tertentu.

Smartphone mengalami restart dengan sendirinya walaupun baterai nya sudah penuh itu mungkin terjadi apabila stabilitas baterai sudah hampir rusak. Masalah itu disebabkan oleh beberapa software dan hardwsre yang mengalami kerusakan dan crash.
.
Kerusakan nya terjadi ketika anda sering memasang aplikasi yang tidak tahu sumbernya dari mana dan siapa yang buat aplikasi tersebut.

Aplikasi yang sudah terlanjur keinstal itu bisa jadi penyebab android mengalami mati sendiri. Dengan ponsel yang tiba-tiba mati akan banyak bermunculan masalah, terutama pada hardware hp kita.

Masalah tersebut di antara lain adalah hp android yang sering restart berlulang-ulang walaupun baterai android masih 30%.

HP apa saja yang bisa mengalami mati sendiri ini? Semua jenis ponsel bakal mengalami kerusakan random reboot ini.

Mulai dari samsung, andromax, lenovo, advan, sony experia dan ponsel-ponsel lainnya. Berbeda merk namun kerusakan yang dialami sama dan cara untuk memperbaikinya pun juga sama.

Baca juga : kumpulan aplikasi android penghasil pulsa ratusan juta

Ada masalah yang ditimbulkan, semua itu tidak lepas dari penyebab dari hp sering mati sendiri padahal baterai nya masih banyak. Namun terkadang daya 30 persen juga bisa menjumpai persoalan reboot berulang dan terus menerus.

Penyebab dari hp tiba-tiba mati total padahal baterai penuh


Saya menjumpai problem ini sebagai makanan pokok karena saya sering membongkar pasang android untuk mengetahui masalah apa yang ditimbulkan dari smartphone yang berulang-ulang merestart dengan sendirinya.

1. Pasang aplikasi sembarangan. Memasang aplikasi secara asal-asalan, mau itu gratis atau berbayar, yang namanya aplikasi pasti tetap ada yang crash. Dengan adanya tabrakan pada code apk nantinya akan mengakibatkan rusak pada hardware maupun software nya.

2. Menggunakan banyak aplikasi. Semua orang yang memiliki android, pastinya dia memiliki kesukaan terhadap aplikasi media sosial. Medsos ini yang paling dipasang pada android kita. Nah, maka dari itu anda harus bijak ketika ingin memasang aplikasi apa yang ingin kita gunakan.

3. Android root. Jika sebelum ponsel anda di root tidak mengalami kasus reboot terus menerus, bisa jadi permasalahnnya ada di smartphone yang diroot. Mengapa? Tidak semua hp yang di root akan mengalami hal positif, bahkan kadang ponsel akan menjumpai sering mati total.

Baca juga : tidak bisa login instagram? berikut cara mengatasinya dengan mudah

4. Kualitas baterai. Coba deh, jika hp anda selalu restart dengan sendirinya, silakan di cek kualitas baterai nya masih bisa dipakai atau memang sudah boros. Jika hanya boros maka solusi terbaik adalah ganti yang baru. Silakan beli di gerai terdekat.

5. Mesin Overhet. Terjadinya overhet disebabkan oleh banyak nya aplikasi yang berjalan, bisa berjalan di latar depan (saat kita buka aplikasi tersebut) atau pada latar belakang. Aplikasi yang berjalan di latar belakang lebih banyak menguras baterai hp anda.

Beberapa penyebab diatasi akan sering terjadi bila mana anda sering menggunakan android dalam jangka yang panjang. Namun, penyebab lainnya juga bisa terjadi dalam usia android yang sudah lama, sekisar 3 sampai 4 tahun. Itu sudah dianggap sebagai hp tua dan pantes untuk dimuseumkan.

Jika penyebabnya aja udah disebutin, maka langkah selanjutnya adalah mencari solusi agara bisa mengatasi hp yang sering restart sendiri secara berulang padahal baterai nya masih banyak dan baru saja cas nya saya cabut.

Mengatasi ponsel android yang sering reboot dan mati dengan sendiri.


Memperbaiki persoalan yang begitu rumit ini akan membutuhkan banyak waktu jika saya jelaskan secara rinci. Jadi, saya akan membagikannya dengan apa yang saya alami sendiri bukan hasil curi artikel orang lain. Berikut cara memperbaiki komplikasi android yang error sering restart tiba-tiba.

1. Mencopot aplikasi yang tidak digunakan. 

Uninstal beberapa apk yang sekiranya tidak diperlukan jika anda kurang begitu menyukainya. Misal, ada apk medsos yang memakan banyak memori penyimpanan dan bikin penuh namun tidak anda perlukan. Nah buat apa anda pasang? Mendingan di copot aja.

Bagaimana cara untuk mencopot pemasang sebuah aplikasi? Anda tidak perlu risau, cukup dengan masuk ke pengaturan -> semua aplikasi -> tap aplikasi yang kurang diperlukan.

2. Bijak dalam memasang game

Bukan hanya aplikasi saja, bahkan game yang sedang anda mainkan sekarang juga akan mengakibatkan seringnya hp yang tiba-tiba mati total.

Bagaimana caranya? Ini tergantung dari hati nuraini anda, jika memang sudah mantap untuk melakukan pemasangan, maka anda perlu tahu seberapa besar dampaj buruk dari penginstalan software tersbut.

3. Unroot android

Mencopot rooted pada sistem android yang tadinya itu penyebab utama dari android suka reboot dengan tiba tiba. Nah untuk itu anda harus meng-unroot ponsel dengan memakai software yang tadi nya dipakai dalam root.

baca juga : mengetahui ponsel terkena virus dan cara memperbaikinya

Biasanya aplikasi yang digunakan untuk root sudah menyediakan fitur ini, maka anda tenang aja, bisa tap pada menu unroot supaya kasus kali ini bisa terasi.

4. Berihkan cache pada ponsel

Seringnya menggunakan aplikasi untuk membantu aktivitas anda, itu memang sangat bermanfaat banget kan? Namun disisi lain anda mendapati kasus yang bisa mengakibatkan hal yang tidak diinginkan dalam android.

Kasus itu terjadi apabila anda suka lupa dalam membersihkan cache pada aplikasi yang terpasang. Caranya cukup mudah, silakan masuk pada setting -> aplikasi -> semua aplikasi, silakan pilih apk mana yang ingin di bersihkan.

Itu cara manualnya, ada kok cara yang otomatis untuk memberiskan sampah ini. Cukup dengan memasnag apk yang digunakan dalam pembersihan sampah ini.

5.Factory reset

Jika cara diatas belum bisa memperbaiki hp yang mati sendiri. Mungkin cara ini akan membantu anda dalam mengatasinya. Apa itu? Coba anda lakukan factory reset agar semua sampah, dan berkas yang tidak digunakan akan terhapus semua.

Dengan menyetel pabrik ini, data yang tersimpan pada penyimpanan telepon akan semuanya hilang. Maka dari itu anda harus melakukan backup terlebih dahulu ke perangkat lain.

Penutup


Menjelang sudah selesai artikel cara memperbaiki smartphone yang mati sendiri dan restart dengan tiba-tiba maka sudah tibalah kita untuk berpisah.

Dalam hal apapun semuanya pasti bisa teratasi jika anda mau melakukannya dengan sungguh-sungguh. Semua masalah yang tadi sudah ada penyebab android mati sendiri dan random reboot.

Kejadian tersebut membuat saya jengkel, apalagi untuk memperbaikinya pasti akan susah. Ketika saya sedang mencabut ponsel, eh tiba tiba mati sendiri dan restart terus menerus secara berulang kali..

Your Might Also Like:
Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar