Mengetahui Ciri HP Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

Mengetahui Ciri HP Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

mengetahui android terkena malware

Mengatasi berbagai maca virus dan mengidentifikasi adanya ciri android yang terserang oleh malvare. Begitu banyak ciri yang patut anda ketahui untuk langkah kedepannya lebih bijak lagi agar android kalian tidak terkena virus yang membandel.

Virus jenis ini dikaitkan dengan adanya cyber di dunia maya yang mengakibatkan pengguna perangkat keras seperti smartphone, komputer, laptop, tablet dan ipad akan mengalami kerusakan yang disebabkan oleh virus malware yang berkeliaran melalui jaringan internet.

Malware tersebut akan menjangkiti perangkat keras kita yang terutama laptop dan smartphone karena pengguna kedua perangkat inilah yang banyak memakai jaringan internet sebagai alat untuk mencari sebuah informasi dari sebuah website.

Di dalam website, biasa nya terdapat iklan yang muncul. Iklan di dalam website terkadang membuat para pengunjung seperti saya ini merasa terganggu karena iklan yang muncul berjenis popup atau yang l. Iklan tersebut bisa saja menulari malware ataupun virus pada hp anda.

Munculnya virus tidak hanya di sebuah laman website saja, melainkan di android terkadang juga bisa muncul jenis iklan popup ini.

Apakah kalian sering mengalaminya?

Saya pernah sekali mengalami hal yang serupa ini. Iklan tersebut akan mengganggu aktivitas kita dalam menggunakan gadget. Maka dari itu anda diharuskan untuk mengetahui ciri-ciri gadget anda yang terkena virus malware.

Adapun cara untuk mengetahui ciri-ciri smartphone kita terserang virus yang berbahaya...

Cara mengetahui ciri-ciri android kena virus malware


Android yang sudah terkena virus ini akan berdampak buruk terhadap kinerja gadget tersebut. Bagaimana cara mengetahui kalau hp sudah terkena virus?

1. Baterai android akan cepat panas.
Ciri pertama yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang, yaitu baterai gadget akan terasa panas walaupun cara menggunakannya hanya sebatas chatting doang.

HP yang cepat panas ini akan ketahuan panasnya jika digunakan dalam aktivitas yang berat seperti, main game offline atau online, buka sosmed dalam jangka waktu lama dan lain sebagainya.

Ciri-ciri ini tidak langsung kita sadari dalam jangka waktu pendek, namun akan terasa ketika hp sudah lama digunakan, misal sehari 12 jam atau lebih. Nah itu akan memaksakan kinerja android kita.

Mesin yang terlalu dipaksa akan merespon balik dengan cara meningkatkan suhu baterai sampai temperatur tinggi. Bukan hanya mesin saja yang merespon itu, virus yang menyerangnya akan terlibat didalam kasus ini.

2. Baterai smartphone akan cepat boros
Pemborosan baterai ini munculnya tanda-tanda bahwa android kita sudah terserang virus. Namun, bisa saja baterai anda sudah mengalami kerusakan dalam.

Baterai yang boros akan mengalami fase buruk terhadap keawetan hp android kita. Anda tidak mau bukan semuanya terjadi? Maka dari itu anda harus tahu penyebab baterai boros dan cara mengatasinya.

3. Kinerja smartphone lemot atau melambat
Mesin hp jika lama kelamaan digunakan akan melambat. Itu terjadi karena tidak semua hp akan awet sampai puluhan tahun. Bisa saja di pertengahan tahun hp anda mengalami kerusakan yang disebabkan oleh virus ini.

Virus tersebut akan menyerang pada bagian inti smartphone, sebelum menyerang pada mesinnya, virus akan menyerang perangkat lunak nya terlebih dahulu. Dampak yang akan ditimbulkan adalah sering nya aplikasi keluar sendiri.

Cara mengatasi aplikasi yang keluar sendiri bisa anda baca disini, cara memperbaiki aplikasi yang sering keluar sendiri.

4. Paket data internat akan terkuras banyak
Iklan memiliki jenis yang berbeda beda, ada yang muncul di aplikasi dan ada yang muncul di beranda. Iklan yang muncul secara otomatis ini akan menguras banyak paket data anda dalam jumlah yang tidak sedikit.

Sebab, iklan yang muncul di pengaruhi oleh data internet yang hidup. Sudah saya jelaskan, bahwa virus akan menyerang ketika kita menghidupkan internet karena internet adalah cyber dunia maya.

Seiring menggunakan smartphone yang muncul iklan ini, jangan berharap kalau kuota anda akan awet. Iklan ini akan menguras banyak kuota walaupun kuota anda penuh. Terlebih lagi jika anda tidak sengaja klik iklan tersebut, wahh bakalan nyedot kuota banyak sob.

5. Memakan banyak ruang di dalam penyimpanan android
Nah ini yang sering terjadi bila terkena virus. Apalagi bila anda tidak langsung membersihkannya secara rutin, maka samaph di android anda akan semakin menumpuk dengan adanya virus baru.

Semakin banyak ruang penyimpanan cepat penuh, maka kinerja hp android anda akan terasa berat. Begitu pula dengan aktivitas anda, kegiatan anda akan terganggu dengan adanya virus yang sedang menyerang smartphone anda.

Itulah kelima ciri-ciri untuk mengetahui smartphone yang terkena virus malware. Selebihnya bisa anda tambahi dikolom komentar dibawah.

Sebelum membahas lebih jauh, anda harus mengetahui dahulu penyebab android terkena virus yang berdampak android mengalami kerusakan yang fatal.


Penyebab android kena virus


1. Terlalu sering melakukan browsing.
Diluar sana pasti banyak yang malakukan kegiatan browsing untuk mencari sebuah info atau hanya sekedar hiburan semata.

Disisi lain, internet berdampak buruk bagi kesehatan android kita. Diantaranya adalah terkena virus yang berakibat berbahaya bagi kualitas android kita.

Kenapa bisa begitu?

Virus menyebar memalui internet yang terhubung pada jaringan komputer. Virus ini akan melalui celah jaringan dan dimasuki malware yang berakibat penyebaran virus yang merajalela dalam perangkat keras kita.

2. Salah instal aplikasi di android
Tidak hanya sering browsing saja, melainkan masih ada penyebab lainnya yaitu, salah memasang aplikasi. Kesalahan ini biasa saya alami jika ada aplikasi game atau aplikasi lainnya yang gratis namun memiliki versi pro.

Memang, versi ini adalah software bajakan yang sering saya gunakan. Alhasil android saya terkena virus malware yang sulis untuk diatasinya kecuali dengan ganti hp atau flashing.

3. Melakukan transfer file dari perangkat lain
Yang dimaksud dengan perangkat lain adalah perangkat keras lainnya misal, melakukan transfer melalui smartphone satu ke smartphone yang lainnya atau bisa saja android satu ke komputer/ laptop.

Mentransfer file atau berkas dari perangkat lain akan membawa virus jika perangkat yang anda gunakan sudah terkena virus duluan.

Dengan mentransfer file ini, virus akan bebas melakukan penyebaran di dalam perangkat kita. Maka dari itu anda harus berhati-hati dalam perpindahan file dari perangkat lain.

Nah, itulah penyebab dari terkenanya virus pada android atau komputer kita. Lanjut ke cara mengetahui hp android yang terkena virus apapun itu jenisnya. Jenis virus ini bermacam macam, bisa virus yang hanya sementara ataupun malware permanent.

Jika ada cara untuk mengetahui android yang kena virus, maka harus ada cara mengatasinya bukan? tenang aja sob, pasti ada kok cara memperbaikinya.

Cara mengatasi android yang terkena virus


1. Bersihkan sampah pada memori penyimpanan.
2. Scan virus menggunakan aplikasi antivirus.
3. Menggunakan internet dengan baik, jangan terlalu sering.
4. Melakukan factory reset.
5. Flashing

Cara tersebut mungkin belum efektif karena banyak yang mengeluh mengenai iklan android yang sering muncul atau virus semakin merajalela. Tunggu tips berikutnya dalam cara menghentikan virus yang menyebar luas pada android.

Penutup

Setelah melalukan studi banding dalam android atau smartphone yang berbeda, cara mengetahuinya pun tetap sama dengan android yang lain. Cara diatas merupakan cara yang dianjurkan bila anda sudah mendapati kecurigaan mengenai android.

Curiganya anda biasanya tepat, coba sering melakukan pengecekan untuk kesehatan smarphone anda agar hp anda akan terbebas dari dampak peringatan android terkena virus tersebut.


Your Might Also Like:
Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar