Cara Ampuh Mengatasi Penyimpanan Di Android Hampir Penuh

Cara Ampuh Mengatasi Penyimpanan Di Android Hampir Penuh

Cara Ampuh Mengatasi Penyimpanan Di Android Hampir Penuh


Semua orang memiliki penyimpanan pada android, pastinya tidak akan lepas dengan masalah yang penuh pada storage ponsel anda.

Terbiasa menggunakan android yang memiliki peforma yang gahar dan mempunyai memori internal yang bisa menampung hinggan 64 GB.

Walaupun memiliki spek yang wow, tetap saja penyimpanan pada android bisa sewaktu-waktu penuh. Penyimpanan internal hampir penuh diakibatkan karena anda menyimpan semua file yang berukuran besar ke ponsel dan mengakibatkan transfer file menjadi lemot.

Mengapa? Karena yang tersimpan disitu ada file yang berukuran besar yang membuat memori telepon hampir penuh, namun file tersebut belum pernah kamu buka apa isi di dalam file tersebut. Apakah aplikasi, game, video, musik atau dokumen penting.

 Nah itu semuasalah satu yang menyebabkan sistem pada smartphone akan menurun ketika digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Menurunnya peforma hp akan berakibat buruk pada kualitas ponsel kamu. Bisa saja akan merusak penyimpanan pada ponsel kamu.

Penyebab memori penyempanan ponsel cepat penuh

Apa akibatnya jika hp mengalami kerusakan akibat dari memori internal atau eksternal penuh? Pastinya akan terganggu dalam proses pengoptimalannya. Maka dari itu saya akan memberikan beberapa penyebab yang sering terjadi di saat memori telepon penuh.


  • Menaruh file terlalu banyak.
  • Lupa bahwa kapasitasnya rendah.
  • Jarang membersihkan file yang tidak penting.


Mungkin penyebab utamanya adalah ketiga hal tersebut. Mungkin masih banyak lagi penyebab penyimpanan hampir penuh pada android yang belum anda sadari. Ketiga pengaruhnya itu bisa diatasi dengan mudah namun dengan cara yang cukup panjang pula.

Bukan berarti memori internal tiba tiba penuh tanpa ada penyebabnya. Pasti ada, hanya saja efek yang ditimbulkan kurang terlirik oleh anda .

Cara untuk memperbaiki memori penyimpanan android cepat penuh biasanya muncul pemberitahuan seperti ini "Memori Penuh, Kapasitas pada penyimpanan sistem tidak cukup, hapus/hapus instalan beberapa aplikasi atau data lalu coba lagi".

Itulah notifikasi yang bakal muncul pada statusbar kalian jika memori penyimpanan hampir penuh. Sebelum penyimpanan penuh anda harus mengecek nya di pengaturan. Begitu pula dapat mempengaruhi peforma hp android, biasanya akan timbul android sering macet dan lag.

Kartu SD adalah penyimpanan dapat dilepas dari suatu perangkat hp biasanya disebut dengan memori eksternal yang dapat diartikan dengan penyimpanan diluar perangkat.

Disitu sudah ada monitor ukuran penyimpanan yang ada pada kedua memori tersebut. Jika semuanya penuh maka anda harus membersihkannya supaya android memiliki peforma yang lebih ringan dari sebelumnya.

Mengatasi memori internal dalam android penuh tanpa root


  1. Hapus file yang nggak penting.
  2. Pindah semua data ke penyimpanan online.
  3. Pindah data ke perangkat komputer.
  4. Format semua data yang tersimpan.

Cara ini bisa dipraktekan pada memori internal bukan di external. Kenapa bukan external? karena Memori ini lah yang bisa melebihi kapasitas memori internal

Maka dari itu memori internal pasti yang akan mengalami kepenuhan saat kita ingin menyimpan berkas.

Langsung saja anda langsung take action supaya paham dan bisa memperbaiki memori yang cepat penuh.


1. Hapus file yang nggak penting


Menghapus file ini akan mengurangi lambat nya respon dari android. Bukan berarti cara ini nggak ampuh, namun ini hanya pengalaman saya pribadi saja dan ini bakal terbukti ampuh. Lalu bagaimana cara hapus file yang tidak penting?


  • Pilih file yang sudah tidak digunakan.
  • Pilih yang tidak begitu penting.
  • Aplikasi yang tidak bermanfaat, mendingan di hapus .

2. Pindah semua data ke penyimpanan online


Data yang tadinya anda anggap tidak penting, dan mengingat file itu bakal kepakai pada lain hari maka anda harus mencadangkan data tersebut ke situs penyedia penyimpanan online. Apa saja website nya?


  • Google Drive, kapasitas 100 GB
  • Mediafire, kapasitas 10 GB Up To 15 GB
  • Dropbox, kapasitas 2 GB
  • 360 Cloud Drive, kapasitas 10 TB
  • One Drive, kapasitas 5 GB


3. Pindah data ke perangkat komputer


Pindahkan data anda ke perangkat lain. Bisa berupa flashdisk, hardisk, komputer maupun laptop. Cara ini juga ampuh dalam mengatasi memori penyimpanan yang tiba tiba penuh. Bagaimana cara nya untuk memindahkan data dari hp ke komputer?


  1. Pakai USB, Pasang USB dari android ke komputer dan mulailah transfer file data yang anda inginkan.
  2. Melalui ShareIt, Hubungkan ponsel lewat software shareit yang memiliki kecepatan data transfer lebih dari 1 MBps
  3. Lewat Bluetooth, koneksikan hp melalui fitur bawaan yaitu bluetooth, namun kecepatan untuk transfernya lebih lambat daripada shareit


4. Format semua data yang tersimpan


Cara yang terakhir akan lebih ampuh dan langsung segera anda lakukan. Caranya adalah format hp supaya penyimpanan kosong tanpa ada aplikasi dan semacamnya. Bagaimana cara format memori internal? Dengan memformat semuanya akan berimbas ke semua aplikasi yang terinstal, juga bisa timbul masalah instagram sering keluar sendiri. Tapi tenang semua itu bisa diatasi dengan mudah.

  • Root Only, khusus hp yang sudah diroot bakalan mudah dalam melakukan format ini. Tinggal masuk ke menu TWRP atau CWM dan pilih menu format data maka akan ke format isi dari smartphone anda.
  • Tanpa Root, saya belum mendapatkan trik khusus dan otomatis untuk android yang belum di root, namun anda bisa melakukannya lewat komputer dan manual lewat hp.


Mengoptimalkan penyimpanan yang ada pada android telah membantu anda dalam menangani problem mengenai ponsel cerdas yang anda miliki. Cara agar memori internal anda tidak penuh lagi maka harus rajin rajin dalam mengoptimalkan file yang mengganggu proses jalannya suatu sistem pada smartphone.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi memori cepat penuh, jika ada suatu masalah yang terkendala dalam memulihkan penyimpanan hampir penuh ini harap anda meninggalkan sebuah komentar supaya masalah ini bisa teratasi dengan maksimal.

Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar