Terbaru! Cara Mengatasi HP Android Sering Lemot/ Lag

Terbaru! Cara Mengatasi HP Android Sering Lemot/ Lag

Mengatasi hp lag atau lemot terjadi bila kamu keseringan main game dan memasang banyak aplikasi. Itulah permasalahannya. Dan adalagi saat kamu melakukan internetan tiba tiba macet dan lag.

Lag saat bermain game yang sering ditemui oleh pengguna android, misal ketika kamu sedang bermain game mobile legend pasti akan merasakan lemot dan lag saat bermain permainan tersebut.

Di era digital ini banyak hal yang dilakukan untuk menghilangkan android yang sedang mengalami masalah. Mulai dari android sering lag, hang, macet sendiri dan lain sebagainya. Berbagai macam permasalahan yang ditimbulkan, , namun sekarang sudah ada banyak tips juga untuk cara mengatasi smartphone lemot menjadi android yang tidak lemot lagi dan pulih seperti hp baru kembali.

Cara ampuh agar hp android tidak lag lagi dan bisa digunakan dalam kegiatan sehari hari tanpa lag dan lemot. Android lambat mengakibatkan peforma smartphone akan menjadi kurang baik di fitur kecepatan maupun di fitur penyimpanannya. Mengapa? Karena peforma android sangat diperlukan untuk kinerja RAM dan penyimpanan yang disediakan oleh penyedia perangkat ponsel pintar ini.

HP android yang lemot banget pun bisa di atasi dengan cara yang simpel supaya anda yang melakukan berbagai cara untuk mengatasi hp sering lag supaya gak lag dan bisa mengatasi masalah ini agar hp anda bisa memiliki kecepatan yang stabil dengan menggunakan fitur dari aplikasi android.

Penyebab android lambat ini bisa anda pahami pada artikel ini supaya bisa mempercepat kinerja hp kamu dengan sentuhan jari jari kita saja. Bukan sekedar memakai app saja melainkan memakai cara jitu agar android kamu tidak lambat lagi.


Penyebab hp android sering lemot dan macet


1. RAM Penuh
2. Penyimpanan hampir habis
3. Banyak aplikasi yang terinstal
4. Smartphone terlalu panas
5. Main game

Masalah hp android cepat panas dan lemot biasanya disebabkan oleh 3 faktor diatas, kinerja hp yang sering dipaksakan oleh penggunannya. Cara membuat smartphone yang lemot menjadi sangat cepat, saya bisa mengatasinya dengan mudah biar hp anda tidak akan lemot lagi.

Cara Mengatasi hp sering macet sendiri

1. RAM Penuh

Membersihkan ram android yang memiliki kapasitas kecil, itu bisa diatasi juga dengan cara mengurangi beban ram pada android dan membersihkan berbagai macam sampah yang mengganggu kinerja hp. Contoh file yang mengganggu proses kinerja android yaitu aplikasi game, file yang gak penting, banyak menginstal aplikasi dan sebagainya.

Cara mengatasi

RAM yang penuh bisa dikurangi bebannya dengan menggunakan aplikasi dan non aplikasi. Menggunakan aplikasi untuk mengurangi beban ram biasanya saya menggunakan app greenify saat hp lemot. Bagaimana cara pakainya? Simak saja terus artikel ini sampai bawah

2. Penyimpanan Hampir Habis

Cara agar hp tidak lemot saat main game sering terjadi bila ruang penyimpanan android kamu hampir habis. Itulah yang mengakibatkan hp lemot banget dan menjadi berat Supaya hp gak lemot biasanya harus menghapus sebagian besar aplikasi yang memperberat hp dan file di penyimpanan telepon/ memory internal.

Cara mengatasi

Membersihkan memori penyimpanan telepon sering terjadi bila lupa membackup/ mencadangkan data terlebih dahulu ke memori eksternal/ kartu sd yang terpasang pada android. Cara yang saya berikan ini sudah saya coba pada hp lenovo dan andromax, yang lainnya menyesuaikan saja. Ada 3 cara untuk melakukan pembersihan memori telepon,

Baca Juga : cara mengatasi instagram tindakan blokir

Cara pertama, Buka file manager -> Pilih folder yang menurut kamu itu mencurigakan dan mengundang bahaya maupun virus

Cara kedua, Buka Setting ->Aplikasi terinstal -> Hapus satu per satu apllikasi yang sudah anda instal pada hp yang menyabebkan hp menjadi sangat lemot

Cara ketiga, Khusus smartphone yang sudah di root saja, yang belum di root lakukan kedua cara di atas. ROOT ONLY -> Masuk ke menu cwm / twrp -> Format data -> Format cache -> Selesai

3. Banyak Aplikasi yang Terinstal

Aplikasi android sudah menjadi pedoman hidup bagi para pecandu gadget, mulai dari sosial media, app game, aplikasi online shop dan lain lain. Itulah yang menyababkan hp akan menjadi berat saat digunakan karena aplikasi yang di pasang itu memakan banyak ruang yang besar untuk melakukan kinerja nya. Supaya hp tidak lemot lagi maka, mau tidak mau anda harus menghapus aplikasi yang menurut anda sendiri itu membebankan sistem kinerja di android.

Aplikasi android yang membuat ponsel anda lemot adalah aplikasi penghemat daya, pembersih sampah ( Bukan app bawaan ),sosial media dan game yang berlebihan. Mulai sekarang anda harus bisa menjadi bijak lagi dalam menggunakan fitur yang disediakan di playstore/ appstore, namun anda harus memilih aplikasi mana yang ingin anda instal pada ponsel pintar ini.

4. Smartphone Terlalu Panas

HP yang terlalu panas juga bisa mempengaruhi lag/ macet saat menggunakan android, itu mengakibatkan respon sistem android tidak bisa dipaksakan dalam melakukan tugas dan kinerjanya. Malah hp kamu menjadi tidak terkontrol dalam melakukan penjadwalan proses yang sudah di sediakan secara berurutan dari pabriknya.

Baca Juga : Cara jitu mengatasi kartu sd rusak parah dan tidak terbaca sama sekali

Untuk mengatasi hp panas biasanya hanya di diamkan beberapa menit saja akan turun suhu nya, tergantung tips ponsel nya. Jika hp sudah terlalu panas dan sampai muncul notifikasi suhu terlalu panas maka cepat cepat lah berhenti sejenak dalam melakukan aktivifas apapun di smartphone atau bisa juga anda melepas baterai langsung atau matikan daya supaya mesin dan kinerja android di istirahaatkan sebentar agar hp tidak timbul kerusakan yang akan memperparah hp yang sudah semakin lemot.

5. Main Game

Sebagian besar orang yang kecanduan gadget sering kali mereka akan mencoba hal yabru yang menurutnya dia bisa lakukan. Nah, kemungkinan anda juga mempunyai game yang bakal memakan banyak memori maupun RAM yang banyak. Sebab sistem dari game itu sendiri sudah dilengkapi dengan grafik yang begitu mewah dan bakal menarik perhatian orang agar mereka pada download dan mencoba di android, namun jangan semua game dicoba karena bisa jadi hp anda tidak kuat saar menjalankan game ini.

Bagaimana memilih game yang cocok di smartphone kita yang biasanya menjadi beban ram maupun penyimpanan telepon? Mudah saja anda harus mengetahui dulu berapa besar ukuran game tersebut, mengetahui kualitas game, bila kualitas game itu HD biasanya hp yang memiliki kapasitas rendah bakal lag parah dan sering macet apabila anda memaksakan kinerja ponsel untuk melakukan aktivitas yang berlebihan ini.

Agar android tidak lemot saat main game ataupun tidak sedang main game tetapi hp sering macet macet sendiri bahwa itu sudah pasti android harus di atasi dengan benar. Cara agar hp tidak lemot bisa di atasi dengan aplikasi untuk mempercepat hp android yang lemot.

Aplikasi yang membuat hp lambat harus segera diatasi dengan cara meng-hibernasi aplikasi tersebut, apa fungsinya? Apa itu hibernasi?

Hibernasi adalah suatu kejadian yang mengharuskan aplikasi berhenti secara paksa tanpa menimbulkan resiko yang berlebihan. Memasang aplikasi ini bakal meringankan beban pada android kamu karena aplikasi ini bekerja secara maksimal tanpa mengganggu app lain. Sebenarnya ini khusus di pasang pada ponsel yang sudah di root, tenang saja sekarang sudah anda pembaruan lagi untuk ponsel yang belum di root.

Maka dari itu saya akan mengatasi masalah hp yang sangat lambat yang diakibatkan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang yang menghabiskan cukup banyak ruang penyimpanan.

Anda bisa menggunakan aplikasi GREENIFY agar android tidak lemot . Aplikasi ini didukung dengan fitur yang memuaskan bagi penggunanya untuk menatasi smartphone yang sering macet.

Cukup download aplikasi greenify nya di playstore pilih yang paling atas dan rasakan perbedaanya ketika menghilangkan lag di android.

Silakan gunakan dengan bijak dalam meringankan beban hp yang lambat ketika sedang surfing sosial media maupun saat nge game.

Mengatasi android lag saat main game biasanya disebabkan oleh bamyaknya RAM yang di pakai saat bermain game.

Maka dari itu, android agar tidak lag lagi, anda harus menyesuaikan kualitas hp dan sering-sering melakukan hibernasi terhadap aplikasi yang berjalan di latar belakang.
Your Might Also Like:
Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar