Terbukti! Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Dengan Cepat

Terbukti! Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Dengan Cepat

Memperbaiki kartu sd rusak pada sistem maka akan kesulitan untuk membacanya pada perangkat hp maupun komputer. Tenang sob, semua itu bisa di perbaiki dengan mudah. Apalagi sekarang sudah jamannya teknologi yang canggih, masak dengan adanya masalah kartu sd rusak dan keluar sendiri anda tidak bisa mengatasi nya

Mengatasi kartu sd rusak ini mungkin sudah banyak yang mejelaskan mengenai cara tersebut, namun saya akan memberikan cara yang efektif dan tepat untuk memperbaiki kartu sd yang cepat rusak dalam waktu 3 bulan. Mengatasi kartu sd keluar sendiri ini sama halnya dengan cara mengatasi kartu sd rusak total.

Beneran nih 3 hanya butuh waktu bulanan?

Saya usahakan dalam waktu dekat kamu bisa mengatasi kartu sd error ini. Kartu memori yang biasanya digunakan untuk menyimpan file penting kamu di android ini bisa saja mengalami keluar sendiri saat kamu sedang memakainya. Rusaknya bisa terjadi apabila kamu keseringan menyentuh kuningan pada kartu sd kamu maka akan terjadi rusak pada kartu sd.

Nah itulah yang terbiasa kamu lakukan saat megang kartu memori bukan? yup sama seperti saya dulu, tetapi saya sekarang sudah tidak lagi begitu karena itu penyebab kartu sd saya menjadi rusak dan tidak bisa terbaca sama sekali oleh android maupun komputer.

Lalu, anda harus menjaga baik baik agar micro sd yang anda punya bisa awet selama waktu bertahun tahun. Ini sudah pernah saya alami untuk mengatasi memori eksternal rusak dalam studi kasus yang saya alami. Sebelum lanjut ke inti permasalahan, anda harus mengetahui dahulu apa saja penyebab yang menimbulkan sd card rusak.

Penyebab kartu sd rusak total 


Solusi untuk mengatasi permasalahan ini anda harus paham mengenai penyebab terjadi nya kerusakan pada kartu sd. Rusaknya kartu memori yang tidak terbaca di hp dan pc sama sekali walaupun kamu menggunakan alat apapun. Salah satu dari penyebabnya sudah saya sebutkan satu diatas tadi, maka dari itu saya akan menjabarkan 3 hal penting yang menyebabkan kartu sd kamu tidak terbaca dan minta format. Penyebabnya antara lain :

1. Kotor


Terkena debu sering kali kita sadari walaupun tidak berdampak yang buruk. Namun, jika dibiarkan kartu sd akan mengalami kerusakan dan tidak bisa terbaca lagi pada android.

Bukan hanya debu saja, bisa juga keringat anda waktu memegang kartu sd nya. Nah keringgat itu menganai kuningan yang ada pada kartu memori kamu. Untuk itu saya sarankan untuk selalu menjaga kebersihan dan kekeringan tangan kamu saat memegang kartu sd agar tidak rusak total.

2. Minyak


Ketumpahan minyak ini jarang sekali ditemukan kasus seperti ini. Bisa terjadi pada anda sendiri yang tidak sengaja menumpahkan minyak ke atas hp anda. Untuk meminimalisir ini cukup dengan di lap dengan kain bersih namun kering.

Cara lap nya pun kamu harus berhati-hati dalam melakukannya, agar kartu sd yang terkena minyak ini bisa kering dengan cepat dan bisa pulih dan akan bisa terbaca oleh hp dan pc.

3. Hard work


Kartu sd yang dipaksa untuk melakukan kerja yang berlebihan akan rusak secara bertahap. Kapasitas memori penyimpanan hanya kecil tetapi di isikan dengan file yang berukuran yang sangat besar, bahkan melebihi kapasitas yang telah tersedia. Itulah yang menimbulkan kerusakan pada memori eksternal anda.

Baca : liburan seru untuk mengisi akhir tahun di jogja

Sesudah anda mengetahui penyebab dari kerusakannya, maka anda harus tahu mengenai langkah untuk mengatasi kartu memori yang rusak, supaya masalah yang anda alami akan teratasi pada artikel yang saya bagikan saat ini.

Mengalami kerusakan micro sd sudah menjadi permasalahan yang rumit, bahkan bisa dibilang tidak mungkin bisa diperbaiki. Semua dirasakan oleh banyak pengguna hp pintar karena mereka ingin memiliki kapasitas memori yang besar untuk menyimpan berbagai macam file. Mulai dari video, musik, aplikasi, catatan dan lain sebagainya.

Kapasitas yang maksimum tentu banyak orang yang menginginkannya disaat mereka sedang butuh ruang penyimpanan yang dulunya cuma sedikit. Namun kerusakan tidak bisa terhindarkan, oleh karena itu anda harus memulihkan kartu sd yang tidak terdeteksi jadi pulih seperti semula.

Mungkin anda pernah mengalami kerusakan pada kartu sd. Nah pasti anda tidak bisa untuk memindah atau menyimpan sesuatu file ke sd card, sebab memory card mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi kerusakan pada memori tersebut, saya akan memberikan beberapa cara untuk memperbaiki masalah tersebut.

Cara Mengatasi Kartu SD Rusak Total dan Tidak Terbaca

Perbaiki kartu sd yang rusak di android dengan cara tidak memformat ketika ada notifikasi pada smartphone kamu, segera lakukan hal berikut.

1. Bersihkan Kartu SD

Pertama anda harus mencopot sdcard yang terpasang pada gadget, cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa harus format adalah melakukan pembersihan pada sd card, ambil penghapus karet yang biasa digunakan untuk menghapus coretan pensil, bersihkan perlahan pada lembaga yang berwarna kuning keemasan tersebut, bersihkan sampai benar-benar bersih, jika sudah dikiranya cukup, pasang kembali kartu.memori anda ke smartphone.

2. Cek Error dengan Komputer

Sambungkan android kamu ke pc/ laptop menggunakan kabel USB. Pastikan perangkat anda terhubung ke Mass storage mode (MSC), bukan Media Transfer Mode (MTP). Buka Windows Explorer, klik kanan pada drive kartu memori, pilih Properties -> Tools -> Error Checking, Jika cara memperbaiki tanpa format tidak bisa megatasi, anda harus lakukan hal yang nekad, yaitu kartu sd harus minta format menggunakan perangkat lain.

Baca: 5 cara jitu mengatasi instagram sering keluar sendiri

Kartu sd yang rusak dapat di atasi dengan format, anda perlu memformat lewat komputer.

3. Format dari Hp

Jika masih terdeteksi di android kamu, maka anda langsung saja format semua isi dari kartu memorinya, jangan lupa untuk melakukan backup data yang penting. Setting -> Storage -> Eraser SD Card, dengan begitu kartu sd anda telah terformat semuanya dan kerusakan telah teratasi.

Ya....walaupun cara ini bukan cara yang baik untuk mengatasi kartu sd rusak, namun cara yang ketiga ini adalah solusi yang terakhir untuk memperbaiki kartu memori yang rusak.

4. Format lewat Pc

Di android tidak terbaca sama sekali, namun di pc bisa terdeteksi, anda bisa melakukan format lewat pc menggunakan bantuan cardrider. Sudah melakukan berbagai cara namun semuanya gagal, mungkin cara yang satu ini ampuh dalam mengatasi kerusakan kartu memori anda. Namun, anda perlu membackup terlebih dahulu sebelum melakukan minta format.

Cadangkan data/ file yang dikiranya penting ke dalam folder baru di penyimpanan harddisk pada komputer anda. Copy dan pastekan semua dari kartu sd menuju folder di komputer anda. Setelah sekiranya sudah yakin dengan backupannya, langkah selanjutnya adalah memformat semua isi di dalam sd card anda. Jika sudah, kembalikan data backup tadi ke kartu memori anda, silakan cek kembali, masih minta format atau tidak. Masih kesulitan dalam memperbaiki memory card yang rusak?

Memberikan tips jitu untuk mengatasi kerusakan pada kartu memori mudah bukan?

Walaupun hanya tips kecil kecilan yang membahas mengenai masalah apa yang anda rasakan saat ini, terima kasih atas waktu yang anda berikan untuk membaca cara mengatasi kartu sd yang rusaak, mau rusak total ataupun sudah semakin parah, tetap saja anda harus segera mencari solusi agar kartu sd kembali normal kembali.
Your Might Also Like:
Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar